Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Ruas Terusan Mas – Sapat Sta 0+000 – Sta 1+500

Rahman, Rahman (2025) Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Ruas Terusan Mas – Sapat Sta 0+000 – Sta 1+500. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 401181010010-Rahman-00-Awal.pdf] Text
401181010010-Rahman-00-Awal.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-01-Bab1.pdf] Text
401181010010-Rahman-01-Bab1.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-02-Bab2.pdf] Text
401181010010-Rahman-02-Bab2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-03-Bab3.pdf] Text
401181010010-Rahman-03-Bab3.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-04-Bab4.pdf] Text
401181010010-Rahman-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-05-Bab5.pdf] Text
401181010010-Rahman-05-Bab5.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 401181010010-Rahman-06-Akhir.pdf] Text
401181010010-Rahman-06-Akhir.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of hasil-plagiarisme-401181010010_RAHMAN_01-AWAN & AKHIR.pdf] Text
hasil-plagiarisme-401181010010_RAHMAN_01-AWAN & AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Kerusakan jalan akibat beban lalu lintas yang tinggi serta kondisi tanah dasar yang lemah menjadi permasalahan umum pada jalan-jalan di daerah pesisir. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan perkerasan kaku (Rigid Pavement) yang memiliki ketahanan lebih baik terhadap beban berat dan deformasi. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan tebal perkerasan kaku pada Ruas Terusan Mas – Sapat STA 0+000 – STA 1+500, sesuai dengan standar Manual Desain Perkerasan (MDP) 2024. Data diperoleh melalui survei lalu lintas dan investigasi tanah lapangan. Parameter yang diperhitungkan dalam perencanaan meliputi Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), umur rencana, jenis kendaraan, serta nilai CBR tanah dasar. Hasil analisis menunjukkan nilai LHR sebesar 540 kendaraan/hari. Nilai CBR tanah dasar sebesar 0,08% sehingga diperlukan penanganan lapisan tanah dasar berupa penggantian material dan penggunaan lapis fondasi bawah. Dari perhitungan, diperoleh tebal pelat beton sebesar 25 cm, tebal lean concrete 15 cm, serta kebutuhan elemen sambungan seperti dowel bar dan tie bar. Selain perhitungan teknis, dilakukan juga penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mengetahui kebutuhan dana pelaksanaan pekerjaan, yang menghasilkan total biaya sebesar Rp 34.370.090,00,- (Tiga Puluh Empat Milyar Tiga Ratus Tujuh Puluh Juta Sembilan Puluh Ribu Rupiah). Gambar rencana perkerasan dan detail teknis lainnya disusun menggunakan perangkat lunak AutoCAD sebagai pelengkap dokumen teknis. Dengan hasil tersebut, perkerasan diharapkan dapat menunjang aktivitas transportasi secara optimal selama umur rencana dan meningkatkan konektivitas wilayah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, MDP 2024, Tebal Beton, CBR, RAB, AutoCAD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:28
Last Modified: 10 Nov 2025 03:28
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item