Pengaruh Dimensi Kecerdasan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indragiri

Marsela, Devi (2025) Pengaruh Dimensi Kecerdasan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indragiri. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of SKRIPSI DEVI-cover.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-BAB 1.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-BAB 2.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-BAB 2.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-BAB 3.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-BAB 3.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-BAB 4.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-BAB 5.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI-Lampiran.pdf] Text
SKRIPSI DEVI-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of hasil-plagiarisme-Deviiiiiii%201.pdf] Text
hasil-plagiarisme-Deviiiiiii%201.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kecerdasan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indragiri. Dimensi kecerdasan yang diteliti meliputi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kecerdasan multidimensi dalam memahami konsep dan praktik akuntansi yang kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif yang telah menempuh minimal empat semester. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 68 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, keempat dimensi kecerdasan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara parsial, kecerdasan intelektual dan kecerdasan sosial berpengaruh signifikan, sedangkan kecerdasan emosional dan spiritual tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya kemampuan kognitif dan sosial dalam mendukung pemahaman mahasiswa terhadap akuntansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Pemahaman Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:36
Last Modified: 12 Nov 2025 02:36
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item