Implementasi Natural Language Processing Untuk Analisis Sentimen Produk Pada Marketplace

Akbar, M. Ikmal (2025) Implementasi Natural Language Processing Untuk Analisis Sentimen Produk Pada Marketplace. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_01_BAGIAN AWAL.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_01_BAGIAN AWAL.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_02_BAB I.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_02_BAB I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_03_BAB II.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_03_BAB II.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_04_BAB III.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_04_BAB III.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_05_BAB IV.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_05_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_06_BAB V.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_06_BAB V.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 403211010081_M.IKMAL AKBAR_07_BAGIAN AKHIR.pdf] Text
403211010081_M.IKMAL AKBAR_07_BAGIAN AKHIR.pdf

Download (865kB)
[thumbnail of TURNITIN SKRIPSI M. IKMAL AKBAR.pdf] Text
TURNITIN SKRIPSI M. IKMAL AKBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan produk parfum di marketplace Shopee menggunakan teknik Natural Language Processing dan metode klasifikasi berbasis machine learning. pra-pemrosesan dilakukan dalam dua tahap: tanpa NLP dan dengan NLP, yang mencakup penghapusan simbol, normalisasi, tokenisasi, dan stemming. data yang digunakan berupa 50 ulasan konsumen yang diklasifikasikan ke dalam sentimen positif dan negatif. tiga algoritma yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah Naive Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbor. hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma SVM dengan kernel linier memberikan akurasi dan F1-score tertinggi, sedangkan KNN memiliki presisi tertinggi namun recall yang rendah. temuan ini menunjukkan bahwa pemilihan algoritma dan tahapan pra-pemrosesan berpengaruh signifikan terhadap performa klasifikasi sentimen. penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami persepsi konsumen melalui data ulasan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pelaku usaha parfum di marketplace

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Natural Language Processing, Support Vector Machine
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 25 Nov 2025 07:37
Last Modified: 25 Nov 2025 07:37
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item