Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Informatika di SMA N 1 GAS

Febriyata, M. Risky (2025) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Informatika di SMA N 1 GAS. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of BAB 1 (1).pdf] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (398kB)
[thumbnail of awal (1).pdf] Text
awal (1).pdf

Download (791kB)
[thumbnail of BAB 3 (1).pdf] Text
BAB 3 (1).pdf

Download (464kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5 (1).pdf] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (362kB)
[thumbnail of AKHIR (1).pdf] Text
AKHIR (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of HASIL TURNITIN SKRIPSI M. Risky Febriyata.pdf] Text
HASIL TURNITIN SKRIPSI M. Risky Febriyata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran di era digital menuntut inovasi dalam penyampaian materi, khususnya pada mata pelajaran Informatika yang memiliki karakteristik teknis dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia guna meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Informatika di SMAN 1 GAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution.Media pembelajaran yang dikembangkan memadukan berbagai elemen multimedia seperti teks, gambar, audio, animasi, dan video interaktif yang dapat diakses oleh siswa melalui perangkat komputer atau laptop. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta studi literatur. Pengujian dilakukan menggunakan metode functionality dan usability untuk menilai efektivitas dan kemudahan penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap materi Informatika secara signifikan.Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terbukti menjadi solusi efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa serta mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik, fleksibel, dan sesuai dengan perkembangan teknologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Informatika, MDLC, SMA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:13
Last Modified: 01 Dec 2025 02:13
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item