MARYATI, MARYATI (2025) PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN IPA KELAS VII1 DI SMP NEGERI 02 TEMBILAHAN HULU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
602211010031 MARYATI 01 AWAL SKRIPSI.pdf Download (813kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 02 BAB 1.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 03 BAB 2.pdf Download (562kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 04 BAB 3.pdf Download (101kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 05 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 06 BAB 5 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
602211010031 MARYATI 07 AKHIR.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Formulir_Persetujuan_Publikasi_Karya_Ilmiah_UNISI MARYATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
|
Text
Surat_Pernyataan_Karya_Asli_UNISI MARYATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
|
Text
Maryatii_1_.result.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran IPA kelas VII1 di SMP Negeri 02 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran kelas VII1 di SMP Negeri 02 Tembilahan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran kelas VII1 di SMP Negeri 02 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir dan untuk mengetahu faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran IPA kelas VII1 di SMP Negeri 02 Tembilahan Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi maka diperoleh kesimpulan yakni; Pertama, upaya yang dilakukan oleh guru IPA dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif sudah diterapkan dengan cara hangat dan akrab pada anak didik, tantangan, bervariasi seperti penggunaan alat atau media, keluwesan pengajaran, penekanan pada hal-hal yang positif dan menanamkan disiplin diri sendiri dan pelaksanaan tanggung jawab. Oleh karena itu seorang guru harus mampu mengupayakan agar pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan kondusif sehingga siswa senantiasa memperhatikan guru ketika mengajar di kelas. Kedua, Faktor pendukungnya meliputi, Sikap hangat dan antusiasnya Guru IPA, metode pembelajaran yang inovatif, lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman. Faktor Penghambat meliputi, Kurangnya kesadaran siswa dalam memotivasi diri sendiri, kurangnya disiplin dalam mengerjakan tugas, kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Yusnita |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:38 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
