Fransperdinan, Andri (2025) Perencanaan Struktur Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Studi Kasus Jalan Kota Baru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_01-Awal.pdf Download (860kB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_02-Bab1.pdf Download (432kB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_03-Bab2.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_04-Bab3.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_05-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_06-Bab5.pdf Download (407kB) |
|
|
Text
401201010007_Andri Fransperdinan_07-Akhir.pdf Download (20MB) |
|
|
Text
hasil-plagiarisme-SKRIPSI ANDRI BAB 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Perkerasan jalan merupakan elemen penting dalam infrastruktur transportasi yang berfungsi untuk mendukung beban lalu lintas dan memberikan permukaan yang aman bagi pengguna jalan. Di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di Kecamatan Keritang, pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas ekonomi yang meningkat memerlukan perbaikan dan pengembangan jalan yang memadai. Oleh karena itu, perencanaan struktur perkerasan kaku yang tepat dan efisien sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan dan keselamatan infrastruktur jalan, serta mendukung mobilitas masyarakat dan perekonomian daerah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data primer yang diperoleh dari survei lapangan dan pengujian tanah di ruas Jalan Kota Baru, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir. Data dikumpulkan melalui observasi, pengukuran elevasi tanah, dan pengujian CBR untuk menentukan karakteristik fisik dan mekanik lokasi. Analisis dilakukan dengan metode Bina Marga untuk menentukan tebal perkerasan kaku yang optimal dan menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), guna memberikan rekomendasi yang tepat untuk pengembangan infrastruktur jalan. Pada perencanaan tebal perkerasan dalam tugas akhir ini dengan hasil, untuk Bina Marga fondasi bawah beton fc’ 10 mpa tebal 15 cm, tebal plat beton fc’ 30 mpa adalah 20 cm, dengan anggaran biaya menggunakan metode Bina Marga sebesar Rp 22.343.000.000 (dua puluh dua milyar seratus lima puluh dua juta rupiah).
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Bina Marga 2024, Rencana Anggaran Biaya |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Nilam Sari |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:28 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:28 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
