Anip, Muhammad (2025) Studi Perbandingan Aplikasi Al-Qur’an Menggunakan Metode User Experience Questioner (UEQ). Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-00-Awal.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-01-Bab1.pdf Download (539kB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-02-Bab2.pdf Download (568kB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-03-Bab3.pdf Download (614kB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-04-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-05-Bab5.pdf Download (517kB) |
|
|
Text
403211010051-Muhammad Anip-06-Akhir.pdf Download (652kB) |
|
|
Text
Skripsi Anip Turnitin (2).pdf Download (7MB) |
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan rekomendasi kepada pengguna mengenai aplikasi pembelajaran Al-Qur’an yang paling sesuai dengan kebutuhan, mengukur tingkat efektivitas masing-masing aplikasi berdasarkan kepuasan pengguna, serta mengetahui perbedaan fitur, kelebihan, dan kekurangan dari beberapa aplikasi. Metode yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ) yang mengukur enam aspek utama pengalaman pengguna: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Studi ini membandingkan dua kategori aplikasi, yaitu aplikasi tahsin (Quraniic dan Ngaji.ai) dan aplikasi tahfidz (Iqra.ai dan Tarteel). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kategori aplikasi tahsin, Quraniic secara konsisten unggul dibandingkan Ngaji.ai, terutama pada aspek kejelasan, efisiensi, dan ketepatan. Quraniic dinilai memiliki tampilan yang lebih menarik serta fitur yang lebih mudah dipahami dan digunakan. Sementara itu, pada kategori aplikasi tahfidz, Iqra.ai menunjukkan keunggulan dibandingkan Tarteel dalam aspek stimulasi, kebaruan, dan daya tarik. Iqra.ai memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan modern melalui fitur pelacakan hafalan serta umpan balik yang efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Quraniic merupakan aplikasi tahsin yang lebih unggul dari segi kejelasan dan efisiensi, sedangkan Iqra.ai menjadi aplikasi tahfidz yang lebih baik dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan inovatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengguna dalam memilih aplikasi pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan aplikasi yang lebih efektif dan user-friendly di masa mendatang
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PERBANDINGAN APLIKASI, METODE UEQ, USER EXPERIENCE QUESTIONER, PEMBELAJARAN AL-QUR’AN, TAHSIN DAN TAHFIDZ |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi |
| Depositing User: | Nilam Sari |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:40 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 08:40 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
