Pengaruh Perkuliahan dengan Metode dalam Jaringan (Daring) terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Islam Indragiri)

Hermiza, Mardesci (2020) Pengaruh Perkuliahan dengan Metode dalam Jaringan (Daring) terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Universitas Islam Indragiri). Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, 4 (3). pp. 357-365. ISSN 2598-5157

[img] Text
Pengaruh Perkuliahan.pdf - Published Version

Download (461kB)
Official URL: https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.p...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan dengan metode daring terhadap minat belajar mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pangan Universitas Islam Indragiri. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, tinjauan pustaka, dan penyebaran kuisioner. Instrumen pada penelitian ini mencakup variabel independen (X) yang merupakan Perkuliahan Metode Daring, dan variabel dependen yang merupakan (Y) adalah Minat Belajar Mahasiswa. Pengujian terhadap instrumen dilakukan dengan uji normalitas (korelasi Pearson Product Moment), dan uji reliabilitas (koefisien Alpha Cronbach). Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana, dan untuk melihat kekuatan hubungan dua variabel digunakan uji korelasi Spearman Rank,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuliah dengan metode dalam jarigan (daring) memberikan pengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Namun, pengaruh disini menunjukkan hubungan yang negatif anatara kedua variabel. Hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi yang negatif. Dapat disimpulkan bahwa jika kuliah daring meningkat, maka minat belajar mahasiswa menurun.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Teknologi Pangan
Depositing User: Hermiza Mardesci
Date Deposited: 11 Jun 2023 12:11
Last Modified: 11 Jun 2023 12:11
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item