Pawindra, Dani (2020) Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Riau. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-00-Awal.pdf Download (750kB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-01-Bab1.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-02-Bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-03-Bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-04-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-05-Bab5.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
PDF102161010003-Dani Pawindra-06-Akhir.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Riau. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden yaitu mahasiswa akuntansi universitas islam riau pekan baru yang telah belajar mata kuliah pengantar akuntansi 1 dan 2, akuntansi biaya, sistem informasi akuntansi, auditing 1 dan 2, akuntansi keperilakuan, akuntansi manajemen 1 dan 2, dan teori akuntansi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Survey Method. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS Versi 26. Hasil uji hipotesa secara parsial menunjukan pengendalian diri tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan minat belajar perpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil uji hipotesa secara simultan pengendalian diri, motivasi dan minat belajar berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Nilai koefisien determinasi sebesar 53,8% menunjukan bahwa tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh pengendalian diri, motivasi, minat belajar sebesar 53,8%, sedangkan sisanya sebesar 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengendalian diri, motivasi,minat belajar, tingkat pemahaman akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Nilam Sari |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |