Analisa tingkat kecelakaan lalu lintas pada jalan sebidang dengan metode traffic conflict technique (tct) studi kasus jl. baharuddin yusuf - jl. sederhana - jl. pelajar tembilahan kabupaten indragiri hilir

Irawan, Chandra Azis (2025) Analisa tingkat kecelakaan lalu lintas pada jalan sebidang dengan metode traffic conflict technique (tct) studi kasus jl. baharuddin yusuf - jl. sederhana - jl. pelajar tembilahan kabupaten indragiri hilir. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_01-Awal.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_01-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_02-BAB1.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_02-BAB1.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_03-BAB2.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_03-BAB2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_04-BAB3.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_04-BAB3.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_05-BAB4.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_05-BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_06-BAB5.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_06-BAB5.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 401181010003_Chandra_Azis_Irawan_07-Akhir.pdf] Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_07-Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of hasil-plagiarisme-SKRIPSI.pdf] Text
hasil-plagiarisme-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keselamatan lalu lintas merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan transportasi jalan. Tingginya angka kecelakaan sering terjadi pada pertemuan jalan sebidang dengan arus lalu lintas padat dan kondisi geometrik yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan lalu lintas pada simpang sebidang antara Jalan Baharuddin Yusuf, Jalan Sederhana, dan Jalan Pelajar di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir dengan menggunakan metode. Traffic Conflict Technique (TCT). Metode TCT digunakan untuk mengidentifikasi serta mengklasifikasikan konflik lalu lintas sebagai indikator potensi kecelakaan berdasarkan observasi langsung di lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi volume lalu lintas, jenis konflik, tingkat keparahan konflik, kecepatan kendaraan, dan waktu reaksi. Konflik lalu lintas dibagi menjadi kategori serius, sedang, dan ringan. Hasil analisis menunjukkan bahwa lokasi penelitian memiliki tingkat konflik yang cukup tinggi, khususnya pada jam puncak pagi dan sore hari. Faktor penyebab dominan antara lain manuver kendaraan yang tidak teratur, serta minimnya fasilitas keselamatan jalan. Berdasarkan hasil pengolahan data, simpang ini dinyatakan memiliki tingkat keselamatan yang rendah dan dari hasil penelitian diketahui perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan rumble strip sebagai upaya teknis untuk menurunkan kecepatan kendaraan, menambah fasilitas jalan dan meningkatkan kewaspadaan pengemudi dengan kecepatan rencana 6 km/jam adalah Rp. 3.000.00,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Lalu Lintas, Traffic Conflict Technique, RAB
Subjects: T Technology > IE Indusrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:04
Last Modified: 20 Oct 2025 08:04
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item