Irawan, Chandra Azis (2025) Analisa tingkat kecelakaan lalu lintas pada jalan sebidang dengan metode traffic conflict technique (tct) studi kasus jl. baharuddin yusuf - jl. sederhana - jl. pelajar tembilahan kabupaten indragiri hilir. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_01-Awal.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_02-BAB1.pdf Download (364kB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_03-BAB2.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_04-BAB3.pdf Download (420kB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_05-BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_06-BAB5.pdf Download (359kB) |
|
|
Text
401181010003_Chandra_Azis_Irawan_07-Akhir.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
hasil-plagiarisme-SKRIPSI.pdf Download (8MB) |
Abstract
Keselamatan lalu lintas merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan transportasi jalan. Tingginya angka kecelakaan sering terjadi pada pertemuan jalan sebidang dengan arus lalu lintas padat dan kondisi geometrik yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan lalu lintas pada simpang sebidang antara Jalan Baharuddin Yusuf, Jalan Sederhana, dan Jalan Pelajar di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir dengan menggunakan metode. Traffic Conflict Technique (TCT). Metode TCT digunakan untuk mengidentifikasi serta mengklasifikasikan konflik lalu lintas sebagai indikator potensi kecelakaan berdasarkan observasi langsung di lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi volume lalu lintas, jenis konflik, tingkat keparahan konflik, kecepatan kendaraan, dan waktu reaksi. Konflik lalu lintas dibagi menjadi kategori serius, sedang, dan ringan. Hasil analisis menunjukkan bahwa lokasi penelitian memiliki tingkat konflik yang cukup tinggi, khususnya pada jam puncak pagi dan sore hari. Faktor penyebab dominan antara lain manuver kendaraan yang tidak teratur, serta minimnya fasilitas keselamatan jalan. Berdasarkan hasil pengolahan data, simpang ini dinyatakan memiliki tingkat keselamatan yang rendah dan dari hasil penelitian diketahui perencanaan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan rumble strip sebagai upaya teknis untuk menurunkan kecepatan kendaraan, menambah fasilitas jalan dan meningkatkan kewaspadaan pengemudi dengan kecepatan rencana 6 km/jam adalah Rp. 3.000.00,00.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Lalu Lintas, Traffic Conflict Technique, RAB |
| Subjects: | T Technology > IE Indusrial Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Nilam Sari |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:04 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:04 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
