LESTARI, PUTRI (2025) AN ANALYSIS OF STUDENTS` SPEAKING ANXIETY FACTORS AT GRADE X SMK NEGERI 2 TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
502211010037_Putri Lestari_01-Awal.pdf Download (459kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_02-Bab1.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_03-Bab2.pdf Download (235kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_04-Bab3.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_05-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_06-Bab5.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
502211010037_Putri Lestari_07-Akhir.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
Full Skripsi Putri.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
|
Text
502211010037_Putrilestari_formulirpersetujuandanpernyataankarya_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
|
Text
502211010037_Putrilestari_formulirpersetujuandanpernyataankarya_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
Abstract
Kecemasan berbicara merupakan fenomena umum yang dialami siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tembilahan serta mengidentifikasi faktor yang paling dominan memengaruhi kecemasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan berbicara siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata sebesar 171,94. Faktor penyebab kecemasan berbicara dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi fear of mistake, shyness, lack of self-confidence, dan lack of motivation dengan total skor 691 dan rata-rata 172,75 yang termasuk kategori sangat tinggi. Sementara itu, faktor eksternal meliputi grammatical error, friends, teacher, environment, dan lack of preparation dengan total skor 856,5 dan rata-rata 171,3 yang juga berada pada kategori sangat tinggi. Indikator yang paling dominan adalah shyness (182) dari faktor internal dan lack of preparation (181,5) dari faktor eksternal.Dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sama-sama memberikan pengaruh yang kuat terhadap kecemasan berbicara siswa, dengan faktor internal menunjukkan kontribusi yang sedikit lebih tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya memperhatikan aspek psikologis dan lingkungan untuk mengurangi kecemasan berbicara serta meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa Inggris.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecemasan berbicara, faktor internal, faktor eksternal, pembelajaran bahasa Inggris. |
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yusnita |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:46 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:46 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
