EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI 2 PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Nurkhaliza, Nurkhaliza (2025) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI 2 PULAU KIJANG KECAMATAN RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-00-Awal.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-00-Awal.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-01-Bab1.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-01-Bab1.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-02-Bab2.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-02-Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-03-Bab3.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-03-Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-04-Bab4.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-05-Bab5.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-05-Bab5.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 602211010003-NURKHALIZA-06-Akhir.pdf] Text
602211010003-NURKHALIZA-06-Akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertama: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan profesionalisme guru di SMP Negeri 2 Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi dilaksanakan secara terstruktur melalui observasi kelas berkala dengan instrumen penilaian yang objektif, mencakup aspek strategi mengajar, pengelolaan kelas, interaksi siswa, dan pencapaian pembelajaran. Supervisi dilakukan dengan pendekatan pembinaan yang mendorong keterbukaan, partisipasi aktif, dan motivasi guru. Kepala sekolah juga mendukung pengembangan profesional guru melalui pelatihan, seminar, dan sertifikasi. Evaluasi supervisi dilakukan secara reflektif dan melibatkan guru dalam perbaikan berkelanjutan. Kedua: Faktor pendukung keberhasilan supervisi didukung oleh kerja sama antara kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, lingkungan kerja yang kondusif, serta dukungan dari pengawas sekolah dan dinas pendidikan. Faktor penghambat supervisi juga menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu kepala sekolah, kesiapan guru yang beragam, keterbatasan infrastruktur dan teknologi, serta perubahan kebijakan pendidikan yang cepat. Meskipun demikian, supervisi yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:46
Last Modified: 27 Aug 2025 03:46
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item