IMPLEMENTASI SINERGITAS KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITE SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Zuliana, Zuliana (2025) IMPLEMENTASI SINERGITAS KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITE SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-00-Awal.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-00-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-01-Bab1.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-01-Bab1.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-02-Bab2.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-02-Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-03-Bab3.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-03-Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-04-Bab4.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-05-Bab5.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-05-Bab5.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 602211010069-ZULIANA-06-Akhir.pdf] Text
602211010069-ZULIANA-06-Akhir.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of BUKTI CEK TURNITIN 34% - ZULIANA.pdf] Text
BUKTI CEK TURNITIN 34% - ZULIANA.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi sinergitas kepala sekolah dengan komite sekolah di SMP Negeri 6 Enok Kabupaten Indragiri Hilir, faktor penghambat dan faktor pendukungnya dan jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Pertama: Implementasi sinergitas kepala sekolah dengan komite sekolah di SMP Negeri 6 Enok Kabupaten Indragiri Hilir Kemitraan antara sekolah dan komite sekolah berjalan secara berkelanjutan dan didasari oleh prinsip keterbukaan, kejujuran, serta saling percaya. Kepala sekolah membangun hubungan ini tidak sebatas pada pertemuan formal, tetapi juga melalui komunikasi informal yang konsisten, menjadikan komite sebagai mitra aktif dalam berbagai aspek perencanaan dan pelaksanaan program sekolah. Pertemuan rutin, musyawarah dalam menyelesaikan masalah, serta penyusunan program kerja jangka panjang menunjukkan bahwa hubungan ini bersifat sistematis dan terarah. Komite sekolah turut dilibatkan dalam penyusunan kebijakan, evaluasi program, serta pengawasan kegiatan, sehingga menciptakan suasana kerja sama yang sehat dan partisipatif. Komite sekolah tidak hanya hadir sebagai pelengkap administratif, tetapi menjadi bagian penting dalam mendukung keberhasilan sekolah. Mereka berperan aktif memberikan masukan dan solusi, serta mendukung kebijakan sekolah dalam berbagai program, seperti implementasi Kurikulum Merdeka, penguatan karakter siswa, dan pengembangan sarana prasarana. Kepala sekolah memberi ruang yang setara bagi komite untuk berkontribusi, dan hasil musyawarah dijadikan dasar pengambilan keputusan. Sinergi ini membuktikan bahwa keberhasilan sekolah tidak terlepas dari keterlibatan komite dan masyarakat yang bermakna dan berkelanjutan. Kedua: Faktor pendukung adalah komunikasi yang terbuka, rasa saling percaya, komitmen bersama, serta kedekatan emosional yang dibangun di atas nilai-nilai lokal seperti gotong royong dan musyawarah, faktor penghambat adalah rendahnya pemahaman sebagian orang tua terhadap peran komite, keterbatasan waktu anggota untuk berpartisipasi aktif, serta ketimpangan tingkat keterlibatan di antara anggota komite maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sinergitas Kepala Sekolah, Komite Sekolah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:25
Last Modified: 27 Aug 2025 08:25
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item