PERAN GURU PENGGERAK DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 1 TEMBILAHAN

Hamlani, Hamlani (2025) PERAN GURU PENGGERAK DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 1 TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-00-Awal.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-00-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-01-Bab1.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-01-Bab1.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-02-Bab2.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-02-Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-03-Bab3.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-03-Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-04-Bab4.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-05-Bab5.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-05-Bab5.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 602211010018-HAMLANI-06-Akhir.pdf] Text
602211010018-HAMLANI-06-Akhir.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru penggerak dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Tembilahan serta faktor pendukung dan penghambatnya, jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan Teknik keabsahan data menggunakan data triangulasi. Hasil penelitian ini adalah, pertama: peran guru penggerak dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Tembilahan telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan teori-teori yang telah dikemukakan sebelumnya. Diantara peran yang telah dilakukan oleh guru penggerak tersebut adalah mendorong peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik dalam kurikulum merdeka belajar seperti mendidik dengan baik, melaksanakan pembelajaran dengan benar, membimbing secara tertib, melatih dengan gigih, mengembangkan inovasi yang bervariasi, memberi contoh dan teladan, meneliti sepenuh hati, mengembangkan kreativitas, dan menilai pembelajaran. Sedangkan untuk rekan sesama guru peran guru penggerak bisa menjadi pemimpin/pelatih (coach) mereka dalam proses pembelajaran dengan berbagi pengalaman yang kreatif sebagai tujuan utama dari kurikulum merdeka. Kedua: faktor pendukung peran guru penggerak dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Tembilahan adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, rekan sesame guru, peserta didik, dan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat adalah manajemen waktu yang belum bisa dikoordinasikan, sehingga belum bisa berbagi pengalaman kepada teman guru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran guru Penggerak, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 28 Aug 2025 03:43
Last Modified: 28 Aug 2025 03:43
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item