PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI MTs NURUL HUDA TASIK RAYA KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

RUKAYAH, SITI (2025) PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI MTs NURUL HUDA TASIK RAYA KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_01_Awal.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_01_Awal.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_02_Bab1.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_02_Bab1.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_03_Bab2.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_03_Bab2.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_04_Bab3.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_04_Bab3.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_05_Bab4.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_05_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_06_Bab5.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_06_Bab5.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 602211010021_Siti_Rukayah_07_Akhir.pdf] Text
602211010021_Siti_Rukayah_07_Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI RUKAYAH.result.pdf] Text
SKRIPSI SITI RUKAYAH.result.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Siti Rukayah, NIM: 602211010021, Program Pembentukan Karakter Di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau. Skripsi, Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam Indragiri, Tembilahan 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Pembentukan Karakter di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir dan faktor penghambat dan faktor pendukungnya, adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi, Subjek dalam penelitian ini adalah I orang Waka Kurikulum, 1 Orang guru dan 1 orang peserta didik di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, dan latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan pengembangan kurikulum khususnya pada pendidikan karakter, masih kurangnya dorongan semangat yang diberikan oleh jajaran sekolah dalam mengembangkan kurikulum pada pendidikan karakter, kurangnya pemahaman kepala sekolah dan guru dalam bagaimana mengembangkan kurikulum pendidikan karakter, kurangnya pelatihan-pelatihan yang di tugaskan oleh kepala sekolah kepada majelis, masih kurangya terlihat kerjasama yang baik dalam hal mengembangkan kurikulum khususnya pada pendidikan karakter. Pertama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pembentukan Karakter di madrasah ini dilakukan dengan pendekatan yang sangat baik, bersifat kolaboratif dan sistematis. Proses pengembangan melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Kepala madrasah berperan dalam mengidentifikasi masalah karakter dan menyusun langkah pemecahan melalui musyawarah dan observasi. Kurikulum yang ada mengintegrasikan nilai-nilai moral seperti kejujuran dan tanggung jawab ke dalam setiap mata pelajaran dan kegiatan sekolah. Pembiasaan, keteladanan dari guru, serta kegiatan religius dan sosial secara rutin menjadi strategi utama dalam pelaksanaan kurikulum ini. Evaluasi dilakukan secara sistematis melalui observasi dan penilaian diri untuk mengukur pencapaian pendidikan karakter. Kedua, Faktor pendukung utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan karakter meliputi kolaborasi antara guru, kepala madrasah, orang tua, dan masyarakat, serta adanya lingkungan sekolah yang religius dan budaya positif di antara siswa. Namun, faktor penghambat yang dihadapi adalah latar belakang keluarga yang kurang mendukung dan pengaruh negatif penggunaan gadget yang berlebihan. Meskipun demikian, pihak madrasah berusaha mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan melakukan pembinaan personal dan penguatan karakter di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengembangan kurikulum pendidikan karakter bergantung pada kerjasama seluruh warga madrasah serta keterlibatan aktif dari semua pihak terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Program, Pembentukan, Karakter. Program, Pembentukan, Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:18
Last Modified: 13 Oct 2025 07:18
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item