RUKAYAH, SITI (2025) PROGRAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI MTs NURUL HUDA TASIK RAYA KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_01_Awal.pdf Download (781kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_02_Bab1.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_03_Bab2.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_04_Bab3.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_05_Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_06_Bab5.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
602211010021_Siti_Rukayah_07_Akhir.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SITI RUKAYAH.result.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Siti Rukayah, NIM: 602211010021, Program Pembentukan Karakter Di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau. Skripsi, Program studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam Indragiri, Tembilahan 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Pembentukan Karakter di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir dan faktor penghambat dan faktor pendukungnya, adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi, Subjek dalam penelitian ini adalah I orang Waka Kurikulum, 1 Orang guru dan 1 orang peserta didik di MTs Nurul Huda Tasik Raya Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, dan latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan pengembangan kurikulum khususnya pada pendidikan karakter, masih kurangnya dorongan semangat yang diberikan oleh jajaran sekolah dalam mengembangkan kurikulum pada pendidikan karakter, kurangnya pemahaman kepala sekolah dan guru dalam bagaimana mengembangkan kurikulum pendidikan karakter, kurangnya pelatihan-pelatihan yang di tugaskan oleh kepala sekolah kepada majelis, masih kurangya terlihat kerjasama yang baik dalam hal mengembangkan kurikulum khususnya pada pendidikan karakter. Pertama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pembentukan Karakter di madrasah ini dilakukan dengan pendekatan yang sangat baik, bersifat kolaboratif dan sistematis. Proses pengembangan melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Kepala madrasah berperan dalam mengidentifikasi masalah karakter dan menyusun langkah pemecahan melalui musyawarah dan observasi. Kurikulum yang ada mengintegrasikan nilai-nilai moral seperti kejujuran dan tanggung jawab ke dalam setiap mata pelajaran dan kegiatan sekolah. Pembiasaan, keteladanan dari guru, serta kegiatan religius dan sosial secara rutin menjadi strategi utama dalam pelaksanaan kurikulum ini. Evaluasi dilakukan secara sistematis melalui observasi dan penilaian diri untuk mengukur pencapaian pendidikan karakter. Kedua, Faktor pendukung utama dalam pengembangan kurikulum pendidikan karakter meliputi kolaborasi antara guru, kepala madrasah, orang tua, dan masyarakat, serta adanya lingkungan sekolah yang religius dan budaya positif di antara siswa. Namun, faktor penghambat yang dihadapi adalah latar belakang keluarga yang kurang mendukung dan pengaruh negatif penggunaan gadget yang berlebihan. Meskipun demikian, pihak madrasah berusaha mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan melakukan pembinaan personal dan penguatan karakter di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengembangan kurikulum pendidikan karakter bergantung pada kerjasama seluruh warga madrasah serta keterlibatan aktif dari semua pihak terkait.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program, Pembentukan, Karakter. Program, Pembentukan, Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |