STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

SAFITRI, RISNA (2025) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of skripsi risna turnitin.pdf] Text
skripsi risna turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 2 Enok dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 2 Enok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian, strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah pertama, memberikan peluang mengeksplorasi kemampuan dengan kegiatan MGMP. Kedua, menciptakan lingkungan kondusif dengan komunikasi terbuka dan transparan, pengembangan karakter, dan pemeliharaan fasilitas. Ketiga, membangun hubungan positif dengan keterbukaan dan komunikasi dua arah. Keempat, mendengarkan gagasan dan memberikan apresiasi dalam mendukung pengembangan potensi guru. Kelima, meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja. Keenam, memberikan reward dalam bentuk apresiasi dan kepercayaan. Ketujuh, mengevaluasi guru dengan menggunakan pendekatan humanis, Kedelapan, menyediakan pelatihan secara rutin. Kesembilan, melaksanakan supervisi terjadwal. Kesepuluh, memberikan umpan balik dengan menyediakan forum xiii diskusi dan mengikut sertakan guru dalam refleksi. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: Pertama, kenyamanan dan keterbukaan. Kedua, pengembangan professional berkelanjutan dengan mengadakan pelatihan. Ketiga, kecerdasan emosional, yaitu mampu memahami situasi, mampu menyelesaikan konflik, dan memberikan motivasi kepada guru. Sedangkat faktor penghambat yaitu: pertama, rendahnya motivasi kerja guru, kedua, keterbatasan anggaran, ketiga, fasilitas yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepemimpinan, Kepala Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:06
Last Modified: 16 Oct 2025 04:06
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item