Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 001 Sungai Salak

Syarifuddin, Syarifuddin (2025) Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 001 Sungai Salak. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 403211010063-Syarifuddin- 01_bagian awal.pdf] Text
403211010063-Syarifuddin- 01_bagian awal.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-02_ BAB 1.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-02_ BAB 1.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-03_ BAB 2.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-03_ BAB 2.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-04_ BAB 3.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-04_ BAB 3.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-05_ BAB 4.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-05_ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-06_ BAB 5.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-06_ BAB 5.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 403211010063-sayrifuddin-07_ bagian akhir.pdf] Text
403211010063-sayrifuddin-07_ bagian akhir.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of HASIL TURNITIN SYARIFUDDIN cek.pdf.pdf] Text
HASIL TURNITIN SYARIFUDDIN cek.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong dunia pendidikan untuk menghadirkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pada pembelajaran IPA di SD Negeri 001 Sungai Salak, metode konvensional yang dominan berupa ceramah masih membuat siswa pasif dan kurang antusias. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang memuat materi, video, permainan edukatif, dan evaluasi pada materi IPA kelas VI tema 8 subtema 3 “Bumi, Matahari, dan Bulan”. Metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall yang meliputi tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Perancangan sistem menggunakan UML, sementara implementasi dilakukan pada perangkat Android. Pengujian dilakukan melalui Blackbox Testing, Fungsionality Testing, Usability Testing, dan kuesioner kepada siswa serta guru. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan dengan baik dan aplikasi dinyatakan valid serta layak digunakan. Nilai rata-rata kepuasan pengguna melalui kuesioner mencapai 88,34% yang masuk kategori “Sangat Baik”. Media ini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa melalui tampilan antarmuka yang menarik serta interaktivitas yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android ini efektif digunakan sebagai alternatif pendukung pembelajaran IPA di sekolah dasar, sekaligus relevan dengan kebutuhan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif, mandiri, dan kontekstual

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Android, interaktif, IPA, waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:05
Last Modified: 25 Nov 2025 08:05
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item