MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MTS DARUL RAHMAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MUDRIKAH, UMI (2025) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MTS DARUL RAHMAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-00-Awal.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-00-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-01-Bab1.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-01-Bab1.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-02-Bab2.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-02-Bab2.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-03-Bab3.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-03-Bab3.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-04-Bab4.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-05-Bab5.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-05-Bab5.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 602211010074 - UMI MUDRIKAH-06-Akhir.pdf] Text
602211010074 - UMI MUDRIKAH-06-Akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan jumlah peserta didik di MTs Darul Rahman Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir serta faktor penghambat dan faktor pendukungnya, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi. Pertama: Manajemen pemasaran pendidikan di MTs Darul Rahman Tembilahan berjalan efektif dengan strategi identifikasi target pasar yang tepat, yakni masyarakat yang mengutamakan pendidikan islami dan pembinaan karakter. Kepala madrasah membangun citra positif melalui pelayanan berkualitas, keterbukaan, dan prestasi siswa, serta mengoptimalkan media sosial dan media cetak sebagai sarana promosi. Keunikan layanan berupa integrasi kurikulum nasional dan diniyah, pembiasaan ibadah, serta pengembangan keterampilan hidup menjadi daya tarik tersendiri. Branding konsisten serta peran aktif siswa dan alumni memperkuat pengenalan madrasah. Evaluasi rutin dan program loyalitas siswa mendukung peningkatan jumlah dan retensi peserta didik. Kerja sama dengan berbagai instansi memperkuat kualitas dan citra madrasah. Kedua, Faktor pendukung meliputi dukungan komite madrasah dan wali murid, kualitas guru, fasilitas memadai, komunikasi internal yang baik, serta testimoni positif alumni. Namun, keterbatasan anggaran promosi, persepsi masyarakat yang masih stereotip terhadap madrasah, persaingan dengan sekolah lain, dan kurangnya tenaga pemasaran digital menjadi faktor penghambat. Dengan strategi tersebut, MTs Darul Rahman berhasil meningkatkan jumlah peserta didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Meningkatkan, Jumlah Peserta Didik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:02
Last Modified: 15 Sep 2025 07:02
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item