Perancangan Iklan Motion Graphic Sebagai Strategi Promosi Digital Pada Produk Umkm Spageti Yum

Anisa, Miranda (2025) Perancangan Iklan Motion Graphic Sebagai Strategi Promosi Digital Pada Produk Umkm Spageti Yum. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-00-Awal.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-00-Awal.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-01-Bab1.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-01-Bab1.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-02-Bab2.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-02-Bab2.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-03-Bab3.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-03-Bab3.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-04-Bab4.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-05-Bab5.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-05-Bab5.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 403211010039-Miranda Anisa-06-Akhir.pdf] Text
403211010039-Miranda Anisa-06-Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TURNITIN SKRIPSI MIRANDA ANISA.pdf] Text
TURNITIN SKRIPSI MIRANDA ANISA.pdf

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan media digital mendorong pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), untuk memanfaatkan strategi promosi yang lebih kreatif dan sesuai dengan pola konsumsi media masyarakat modern. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video iklan berbasis motion graphic sebagai media promosi digital untuk produk UMKM Spageti Yum yang berlokasi di Tembilahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan model pengembangan Villamil Molina yang mencakup lima tahap, yaitu development, pra produksi, produksi, pasca produksi., dan delivery. Aplikasi yang digunakan dalam proses desain dan animasi adalah PixeLab dan CapCut Desktop Pro. Hasil akhir berupa dua versi video iklan dengan gaya visual dan alur cerita yang disesuaikan dengan karakteristik audiens. Pengujian kelayakan dilakukan melalui uji alfa oleh ahli multimedia dengan skor 90,44% dan uji beta oleh konsumen serta pemilik usaha dengan skor 91,28%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa video iklan yang dirancang sangat layak digunakan sebagai media promosi digital. Meskipun penelitian ini terbatas pada satu UMKM dan penggunaan dua aplikasi sederhana, hasilnya membuktikan bahwa motion graphic merupakan media promosi yang efektif dan relevan dalam menarik minat konsumen secara visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, Promosi Digital, UMKM, Spageti Yum, Video Iklan, Multimedia
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:07
Last Modified: 13 Oct 2025 03:07
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item