SALENA, SITI (2025) CONTRIBUTION BETWEEN STUDENTS’ LEARNER AUTONOMY AND WRITING SKILLS IN NARRATIVE TEXTS AT XI GRADE OF SMA NEGERI 2 TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
502211010005_Siti Salena_01-Awal.pdf Download (947kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_02-Bab1.pdf Download (263kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_03-Bab2.pdf Download (377kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_04-Bab3.pdf Download (310kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_05-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_06-Bab5.pdf Download (195kB) |
|
|
Text
502211010005_Siti Salena_07-Akhir.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Pernyataan Karya Asli UNISI_Siti Salena.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
|
Text
Turnitin_Siti Salena_502211010005_Pendidikan Bahasa Inggris.docx (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
|
Text
Formulir Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah_Siti Salena.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kemandirian belajar siswa terhadap keterampilan menulis dalam teks naratif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 45 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tembilahan yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kemandirian belajar siswa diukur melalui angket skala Likert lima poin, sedangkan keterampilan menulis diukur melalui nilai paragraf teks naratif yang ditulis oleh siswa. Hasil angket menunjukan bahwa skor kemandirian belajar tertinggi adalah 93 dan terendah 52. Dari 45 siswa yang menjadi sample, sebanyak 14 siswa (31%) termasuk dalam kategori sangat baik, 12 siswa (27%) dalam kategori baik, 17 siswa (38%) dalam kategori cukup, dan 2 siswa (4%) dalam kategori sangat buruk. Tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori buruk. Sementara itu, hasil tes keterampilan menulis menunjukkan nilai tertinggi sebesar 93 dan nilai terendah 63. Sebanyak 4 siswa (9%) termasuk dalam kategori sangat baik, 26 siswa (57%) dalam kategori baik, dan 15 siswa (33%) dalam kategori cukup. Tidak terdapat siswa yang masuk dalam kategori buruk. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0.135 lebih kecil dari nilai r – table sebesar 0.301. Artinya, hipotesis alternatif atau Ha ditolak dan hipotesis nol atau Ho diterima. Dengan demikian, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dan keterampilan menulis teks naratif pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tembilahan. Nilai korelasi berada dalam rentang 0.00-0.199 yang tergolong kategori sangat rendah. Selain itu, kemandirian belajar siswa hanya memberikan kontribusi sebesar 1.82% terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa, sedangkan sisanya sebesar 98.18% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, keterampilan menulis, teks naratif. |
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yusnita |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:06 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:06 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
