Nurvina, Suci Indah (2025) The Relationship Between Students Self-Regulated Learning and Their Motivation in Learning at English Study Program Islamic University of Indragiri. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_01-Awal.pdf.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_02-Bab1.pdf.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_03-Bab2.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_04-Bab3.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_05-Bab4.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_06-Bab5.pdf.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
502211010002_Suci Indah Nurvina_07-Akhir.pdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
FORMULIR PERSETUJUAN KARYA ILMIAH.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN KARYA ILMIAH.pdf Download (462kB) |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu pembelajaran yang penting dalam dunia pendidikan, terutama di Program Studi Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif dipengaruhi oleh kemampuan siswa untuk mengatur proses belajar secara mandiri dan motivasi mereka. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pembelajaran mandiri dan motivasi mereka dalam belajar Bahasa Inggris di Program Studi Bahasa Inggris Universitas Islam Indragiri. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian korelasi. Variabel yang diteliti terdiri dari motivasi belajar (X) yang mencakup dorongan dan semangat siswa dalam belajar Bahasa Inggris, serta pembelajaran mandiri (Y) yang mengukur sejauh mana siswa mengelola dan mengatur proses belajar mereka. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah kuesioner.Serta objek yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri semester 3 (20 mahasiswa) dan semester 5 (17 mahasiswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara pembelajaran mandiri dan motivasi mereka dalam belajar Bahasa Inggris tergolong sangat lemah, yaitu dengan nilai 0.120 Kemudian berkaitan dengan hypothesis, dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan, karena berdasarkan rumus SPSS, hasil dari “r” observasi lebih rendah dari angka pada taraf signifikan, baik 5% (0.329) maupun 1% (0.424). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Artinya, tidak terdapat hubungan antara pembelajaran mandiri dan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris di Program Study Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indragiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran mandiri, Motivasi, Belajar Bahasa Inggris |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Resti Dwi Monica |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:58 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |