Zaidala, Uzia (2025) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DAARUL RAHMAN KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-00-Awal.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-01-Bab1.pdf Download (632kB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-02-Bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-03-Bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-04-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-05-Bab5.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
602211010019-UZIA ZAIDALA-06-Akhir.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Daarul Rahman Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru. Supervisi kepala sekolah mencakup penelitian, penilaian, perbaikan, serta pengembangan dan untuk Kompetensi pedagogik guru mencakup pemahaman karakteristik peserta didik, pengelolaan pembelajaran, pengembangan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di sekolah tersebut yang berjumlah 49 orang, dan seluruh populasi dijadikan sampel (total sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear sederhana, dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi yang positif dan signifikan pada taraf 5%, yang menunjukkan bahwa semakin baik pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah, maka kompetensi pedagogik guru juga akan meningkat. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya supe rvisi yang berkelanjutan dan konstruktif sebagai upaya peningk atan kualitas guru dan pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:33 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |