Hafis, Alwi (2025) DISCOVERING STRATEGIES OF STUDENT IN ENHANCING ENGLISH SPEAKING FLUENCY: A CASE STUDY AT SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM AT ISLAMIC UNIVERSITY OF INDRAGIRI TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_01-Awal.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_02-Bab 1.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_03-Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_04-Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_05-Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_06-Bab 5.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
502211010026_Alwi Hafis_07-Akhir.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Formulir_Persetujuan_Publikasi_Karya_Ilmiah_UNISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
![]() |
Text
Surat_Pernyataan_Karya_Asli_UNISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
![]() |
Text
hasil-plagiarisme-Skripsi_Alwi Hafis.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh mahasiswa semester enam Program Studi Bahasa Inggris di Universitas Islam Indragiri Tembilahan dalam meningkatkan kelancaran berbicara bahasa Inggris mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, mahasiswa menerapkan berbagai strategi pembelajaran bahasa yang dikategorikan ke dalam strategi kognitif, metakognitif, dan sosial-afektif sebagaimana dikemukakan oleh O'Malley & Chamot (1990) dan Oxford (1990). Di antara ketiga kategori tersebut, strategi kognitif seperti latihan (practicing), pengulangan (rehearsal), dan pengorganisasian (organization) merupakan yang paling sering digunakan. Strategi metakognitif seperti perencanaan dan evaluasi diri membantu mahasiswa dalam memantau dan mengatur proses belajar mereka. Sementara itu, strategi sosial-afektif seperti dorongan diri (self-encouragement) dan pengurangan kecemasan (lowering anxiety) berperan penting dalam meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pendidik bahasa Inggris dalam merancang metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan strategi belajar yang disukai mahasiswa untuk mendukung pengembangan kelancaran berbicara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelancaran berbicara, strategi pembelajaran, kognitif, metakognitif, sosial-afektif, studi kasus |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:39 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 04:39 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |