KRIDA, DARMA (2025) STRATEGI KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI MTS NAILUS SA’ADAH DUSUN SUMBER HARAPAN DESA PEKAN TUA KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_01-Awal.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_02-Bab1.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_03-Bab2.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_04-Bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_05-Bab4.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_06-Bab5.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
602211010029_Darma_Krida_07-Akhir.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BUKTI TURNITIN DARMA KRIDA.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Darma Krida, NIM: 602211010029, Strategi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Indragiri Hilir 2025. Tujuan penelitian ini adalah yaitu: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan animo masyarakat pada tahun 2024-2025 di MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan animo masyarakat pada tahun 2024-2025 di MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan animo masyarakat pada tahun 2024-2025 di MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Management Islamic Education. Adapun Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sementara metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, Siswa MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, Orang Tua Siswa, dan Komite Madrasah, observasi serta dokumentasi, kemudian teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepala madrasah telah menerapkan strategi yang terencana dan terstruktur, meliputi analisis kebutuhan, sosialisasi ke sekolah-sekolah, menjalin kerja sama internal dan eksternal, menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas guru, serta melibatkan guru dalam pengambilan keputusan. Strategi ini dilaksanakan dengan fokus pada peningkatan prestasi siswa, motivasi belajar, dan layanan pendidikan yang lebih baik. Evaluasi strategi dilakukan melalui peninjauan faktor internal dan eksternal, pengukuran capaian prestasi, dan tindakan korektif. Strategi yang digunakan bersifat agresif, yaitu proaktif mendobrak hambatan untuk mencapai target madrasah. (2) Faktor pendukung meliputi dukungan guru, staf, orang tua, tokoh masyarakat, serta budaya kerja positif di madrasah. Komitmen pengembangan profesional guru dan partisipasi aktif masyarakat juga menjadi kunci keberhasilan. Namun, masih terdapat hambatan seperti resistensi terhadap perubahan, kondisi ekonomi masyarakat yang relatif rendah, serta kesadaran pendidikan yang belum merata sehingga sebagian orang tua masih menganggap pendidikan cukup hingga tingkat dasar. Implikasi dari penelitian ini yaitu (1) diharapkan kepada pihak yang terikat kerja sama dengan MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir agar dapat mempertahankan kerja sama dengan MTs Nailus Sa’adah Dusun Sumber Harapan Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. (2) diharapkan sekolah dapat mengadakan pelatihan seperti workhsop lebih banyak lagi untuk guru, agar dapat meningkatkan kualitas guru karena dengan guru yang profesional maka akan melahirkan juga peserta didik yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Madrasah, Animo Masyarakat, Manajemen Pendidikan Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 05:03 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 05:03 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |