PERENCANAAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SCHOOL BRANDING DI SMP IT ALHUSNIYAH TEMBILAHAN

OKTAPIA, MILA (2025) PERENCANAAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SCHOOL BRANDING DI SMP IT ALHUSNIYAH TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_01_Awal.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_01_Awal.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_02_Bab1.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_02_Bab1.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_03_Bab2.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_03_Bab2.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_04_Bab3.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_04_Bab3.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_05_Bab4.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_05_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_06_Bab5.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_06_Bab5.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 602211010008_Mila_Oktapia_07_Akhir.pdf] Text
602211010008_Mila_Oktapia_07_Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MILA OKTAPIA.result.pdf] Text
SKRIPSI MILA OKTAPIA.result.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana kepala sekolah merencanakan strategi dalam membentuk citra sekolah (school branding) serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melakukan perencanaan strategi school branding yang diterapkan mencakup melakukan riset, identifikasi keunikan sekolah, penentuan kompetitor dan karakteristik, hingga tahap penerapan dan rebranding. Pelaksanaan strategi ini menunjukkan adanya keterlibatan aktif dari komite sekolah, guru, serta penekanan pada kebutuhan dan kepentingan peserta didik sebagai prioritas utama. Kendati masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya optimal, strategi ini telah memberikan arah yang jelas terhadap pencapaian citra positif sekolah di mata masyarakat. Faktor-faktor pendukung yang memperkuat pelaksanaan strategi ini antara lain adalah kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, kejelasan arah visi dan misi, kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, dukungan stakeholder, sarana prasarana yang memadai, serta sistem evaluasi berkelanjutan. Sementara itu, hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu kepala sekolah, minimnya pelatihan atau pendampingan, dan belum meratanya pemahaman warga sekolah terkait pentingnya school branding. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah telah menyusun perencanaan strategi, melibatkan berbagai pihak dalam penyusunan visi dan misi, serta melaksanakan strategi branding seperti riset dan rebranding. Meskipun pelaksanaan branding belum maksimal, namun telah berjalan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Strategi, Kepala Sekolah, School Branding
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:55
Last Modified: 14 Oct 2025 04:55
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item