OKTAPIA, MILA (2025) PERENCANAAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SCHOOL BRANDING DI SMP IT ALHUSNIYAH TEMBILAHAN. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_01_Awal.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_02_Bab1.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_03_Bab2.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_04_Bab3.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_05_Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_06_Bab5.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
602211010008_Mila_Oktapia_07_Akhir.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MILA OKTAPIA.result.pdf Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana kepala sekolah merencanakan strategi dalam membentuk citra sekolah (school branding) serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melakukan perencanaan strategi school branding yang diterapkan mencakup melakukan riset, identifikasi keunikan sekolah, penentuan kompetitor dan karakteristik, hingga tahap penerapan dan rebranding. Pelaksanaan strategi ini menunjukkan adanya keterlibatan aktif dari komite sekolah, guru, serta penekanan pada kebutuhan dan kepentingan peserta didik sebagai prioritas utama. Kendati masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya optimal, strategi ini telah memberikan arah yang jelas terhadap pencapaian citra positif sekolah di mata masyarakat. Faktor-faktor pendukung yang memperkuat pelaksanaan strategi ini antara lain adalah kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, kejelasan arah visi dan misi, kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, dukungan stakeholder, sarana prasarana yang memadai, serta sistem evaluasi berkelanjutan. Sementara itu, hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu kepala sekolah, minimnya pelatihan atau pendampingan, dan belum meratanya pemahaman warga sekolah terkait pentingnya school branding. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepala sekolah telah menyusun perencanaan strategi, melibatkan berbagai pihak dalam penyusunan visi dan misi, serta melaksanakan strategi branding seperti riset dan rebranding. Meskipun pelaksanaan branding belum maksimal, namun telah berjalan secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Strategi, Kepala Sekolah, School Branding |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 04:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 04:55 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |