Hardiansyah, Hardiansyah (2025) Model Motivasi Pelayanan Publik Berbasis Pendidikan dan Pelatihan dengan Kompetensi sebagai Variabel Mediasi Pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hilir. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
101211010131-Hardiansyah-00-Awal.pdf Download (750kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-01-Bab1.pdf Download (648kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-02-Bab2.pdf Download (682kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-03-Bab3.pdf Download (614kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-04-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-05-Bab5.pdf Download (557kB) |
|
|
Text
101211010131-Hardiansyah-06-Akhir.pdf Download (884kB) |
|
|
Text
HASIL TURNITIN hardiansyah ok 23 occ.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi serta dampaknya terhadap motivasi pelayanan publik di lingkungan Komisi Pemilihan Uumum. Pendidikan dan pelatihan menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dengan kompetensi sebagai variabel mediasi yang berperan dalam memperkuat hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kompetensi dengan nilai koefisien sebesar 0,611 dan t-statistik 6,226, serta Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Pelayanan Publik dengan koefisien 0,685 dan t-statistik 4,304. Namun, pengaruh langsung Pendidikan dan Pelatihan terhadap Motivasi Pelayanan Publik tidak signifikan, dengan koefisien 0,305 dan t-statistik 1,598. Temuan ini menunjukkan bahwa Kompetensi memediasi secara signifikan hubungan antara Pendidikan dan Pelatihan terhadap Motivasi Pelayanan Publik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan harus dirancang secara efektif dan relevan untuk benar-benar meningkatkan kompetensi pegawai. Dengan demikian, peningkatan motivasi pelayanan publik dapat tercapai secara optimal melalui penguatan kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan yang berkualitas.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi, Motivasi Pelayanan Publik |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Depositing User: | Nilam Sari |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 05:44 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:42 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
