Tanggung Jawab Perdata Fasilitas Kesehatan Terhadap Pasien BPJS di Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir

Azizah, Nur (2024) Tanggung Jawab Perdata Fasilitas Kesehatan Terhadap Pasien BPJS di Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-00-Awal.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-00-Awal.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-01-Bab1.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-01-Bab1.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-02-Bab2.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-02-Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-03-Bab3.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-03-Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-04-Bab4.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of 301191010051-Nur_Azizah-06-Akhir.pdf] Text
301191010051-Nur_Azizah-06-Akhir.pdf

Download (66kB)

Abstract

Pelaksanaan program BPJS Kesehatan dalam implementasinya sudah berjalan dengan baik, namun peserta BPJS Kesehatan dalam hal ini banyak yang mengalami keluhan saat akan mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan di rumah sakit khususnya saat akan melaksanakan rawat inap. Permasalahan yang diteliti adalah : perlindungan terhadap pasien BPJS Kesehatan yang dilakukan rawat inap, hal-hal yang belum dipenuhi kepada pasien BPJS Kesehatan, serta upaya yang telah di lakukan oleh BPJS Kesehatan dalam memenuhi hak dan kewajiban pasien. Dari uraian latar belakang tersebut, penulis merumuskan yaitu : (1). Bagaimana Tanggung Jawab Perdata Fasilitas Kesehatan Terhadap Pasien BPJS di Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (2). Apa saja kendala dan upaya dalam Tanggung Jawab Perdata Fasilitas Kesehatan Terhadap Pasien BPJS di Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian hukum sosiologis. Penelitian ini mengumpulkan data primer yang diperoleh secara langsung terhadap objek penelitian atau msyarakat melalui observasi dan wawancara dengan responden atau narasumber yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tanggung jawab pengaturan penyelenggaraan Rumah Sakit dalam meningkatkan fasilitas kesehatan sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Rumah Sakit tersebut sebenarnya merupakan salah satu sarana pengawasan secara preventif. Sehingga dalam pelaksanaan fasilitas publik khususnya fasilitas kesehatan melalui Rumah Sakit dapat benar-benar mewujudkan tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal yang tujuan akhirnya adalah kesehatan. Hambatan kendala yang dapat dalam pertanggung jawaban penanganan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit Puri Husada Tembilahan adalah sebagai berikut: Kurangnya Efisiensi fasilitas kesehatan Rumah Sakit Puri Husada; Bentuk desain rumah sakit yang masih kurang rapid an bersih; Kurangnya Pengelolaan staf ; Kurangnya efektivitas klinis Outcome atau hasil layanan rumah sakit yang paling dinanti oleh pasien adalah kesembuhan. Upaya hukum yang dilakukan pihak Rumah Sakit Puri Husada terhadap pasien BPJS yang tidak memdapatkan fasilitas kesehatan dilakukan secara mediasi menjumpai para peserta BPJS, dengan meminta maaf dan memberikan santunan kepada para pihak peserta yang ditolak berobat oleh Rumah Sakit Puri Hudsada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > KD Civil Law
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Resti Dwi Monica
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:15
Last Modified: 17 Jun 2025 03:15
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item