FADLILAH, NUR (2025) PELASAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA PARIT SURAU DESA JAYA BHAKTI KECAMATAN ENOK. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-00-Awal.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-01-Bab1.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-02-Bab2.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-03-Bab3.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-04-Bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-05-Bab5.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
602211010066 - NUR FADLILAH-06-Akhir.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Parit Surau Desa Jaya Bhakti Kecamatan Enok dan apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Parit Surau Desa Jaya Bhakti Kecamatan Enok. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Parit Surau Desa Jaya Bhakti Kecamatan Enok dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukungnya. penelitian ini mengambil teori Arismunandar tentang tupoksi kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dituangkan dalam bentuk deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dengan mencari bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Parit Surau Desa Jaya Bhakti Kecamatan Enok. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama: Pelaksanaan tupoksi kepala Madrasah Aliyah Miftahul Huda kepala madrasah mengelola waktu dan sumber daya dengan baik, mengimplementasikan program kewirausahaan untuk siswa dan tenaga kependidikan, melakukan supervisi rutin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berkomitmen terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan, mengatasi kekurangan guru dengan pembagian beban kerja yang proporsional, mempromosikan kebudayaan Indonesia di SILN, dan terlibat langsung dalam perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung pelaksanaan tupoksi meliputi dukungan yayasan, komite madrasah, masyarakat, kekompakan guru dan tenaga kependidikan, serta lingkungan yang aman dan agamis. Semangat pengabdian guru juga menjadi motor penggerak utama. Faktor penghambat termasuk ketidaksesuaian latar belakang pendidikan guru, keterbatasan buku, kekurangan sarana prasarana (laboratorium IT dan perpustakaan), kondisi jaringan internet yang tidak stabil, penggunaan kantor yang bersamaan dengan lembaga lain, dan kurangnya imbalan yang cukup untuk guru dan tenaga kependidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Tupoksi, Kepala Madrasah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Agama Islam > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yusnita |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:42 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:42 |
URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |