Sistem informasi pengaduan masyarakat sarana dan prasarana desa berbasis web pada desa kuala keritang

Ulandari, Putri (2025) Sistem informasi pengaduan masyarakat sarana dan prasarana desa berbasis web pada desa kuala keritang. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of awal wartermak PUTRI 1 (1).pdf] Text
awal wartermak PUTRI 1 (1).pdf

Download (982kB)
[thumbnail of BAB 1 Watermark Putri (1).pdf] Text
BAB 1 Watermark Putri (1).pdf

Download (458kB)
[thumbnail of BAB 2 Watermark Putri (1).pdf] Text
BAB 2 Watermark Putri (1).pdf

Download (390kB)
[thumbnail of BAB 3 Watermark Putri (1).pdf] Text
BAB 3 Watermark Putri (1).pdf

Download (573kB)
[thumbnail of BAB 4 Watermark Putri (1).pdf] Text
BAB 4 Watermark Putri (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5 Watermark Putri (1).pdf] Text
BAB 5 Watermark Putri (1).pdf

Download (385kB)
[thumbnail of akhir wartermark PUTRI (1).pdf] Text
akhir wartermark PUTRI (1).pdf

Download (563kB)
[thumbnail of hasil-plagiarisme-Ulandari Putri (1).pdf] Text
hasil-plagiarisme-Ulandari Putri (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan komponen penting dalam menunjang aktivitas masyarakat desa. Namun, di Desa Kuala Keritang, mekanisme pengaduan terkait kerusakan infrastruktur masih dilakukan secara konvensional, tidak terdokumentasi, dan minim tindak lanjut. Hal ini menyebabkan lambatnya respon perbaikan. Pengelolaan aduan yang tidak sistematis menyulitkan evaluasi dan perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem informasi pengaduan berbasis web menjadi solusi yang tepat. Sistem ini memungkinkan warga menyampaikan laporan secara daring, terdokumentasi, dan dapat dipantau statusnya secara langsung, serta membantu pemerintah desa dalam mengelola dan menganalisis data pengaduan. Penerapan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik di desa, sekaligus mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan infrastruktur. Maka, perancangan dan implementasi sistem informasi pengaduan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat tata kelola pemerintahan desa secara digital dan modern

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana, Pengaduan, Web, Masyarakat, Sistem Informasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:27
Last Modified: 13 Nov 2025 08:27
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item