THE EFFECT OF USING CROSSWORD PUZZLE TOWARD VOCABULARY MASTERY AT EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 1 TELUK PINANG

SUKARTINA, SUKARTINA (2025) THE EFFECT OF USING CROSSWORD PUZZLE TOWARD VOCABULARY MASTERY AT EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 1 TELUK PINANG. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_01_Awal.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_01_Awal.docx

Download (6MB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_02_Bab1.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_02_Bab1.docx

Download (366kB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_03_Bab2.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_03_Bab2.docx

Download (442kB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_04_Bab3.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_04_Bab3.docx

Download (375kB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_05_Bab4.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_05_Bab4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_06_Bab5.docx] Text
502211010004_SUKARTINA_06_Bab5.docx

Download (356kB)
[thumbnail of 502211010004_SUKARTINA_07_Akhir (1).pdf] Text
502211010004_SUKARTINA_07_Akhir (1).pdf

Download (23MB)
[thumbnail of SUKARTINA - Pernyataan Karya Asli.pdf] Text
SUKARTINA - Pernyataan Karya Asli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of SUKARTINA - Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah(1).pdf] Text
SUKARTINA - Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Penelitian kuasi-eksperimental ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teka-teki silang dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Teluk Pinang. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen (Kelas VIII.1) dan kelas kontrol (Kelas VIII.2), masing-masing berjumlah 25 siswa yang dipilih melalui total sampling. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan teka-teki silang dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan teka-teki silang. Pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah perlakuan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran kosakata berbasis teka-teki silang, sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran kosakata dengan metode menebak kata berdasarkan gambar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics (versi 27) dengan menerapkan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sampel independen. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pada kelas eksperimen, di mana rata-rata skor meningkat dari 37.40 (pre-test) menjadi 61.80 (post-test). Sebaliknya, kelas kontrol menunjukkan peningkatan dari 41.00 menjadi 56.60. Uji-t sampel independen menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.251, yang lebih besar dari ambang 0.05, menunjukkan bahwa perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik. Dengan demikian, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode teka-teki silang dapat digunakan sebagai strategi alternatif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, meskipun efektivitasnya setara dengan metode menebak kata berdasarkan gambar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teka-teki silang, Penguasaan kosakata
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Yusnita
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:08
Last Modified: 05 Nov 2025 07:08
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item