SUKARTINA, SUKARTINA (2025) THE EFFECT OF USING CROSSWORD PUZZLE TOWARD VOCABULARY MASTERY AT EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 1 TELUK PINANG. Other thesis, Universitas Islam Indragiri.
|
Text
502211010004_SUKARTINA_01_Awal.docx Download (6MB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_02_Bab1.docx Download (366kB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_03_Bab2.docx Download (442kB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_04_Bab3.docx Download (375kB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_05_Bab4.docx Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_06_Bab5.docx Download (356kB) |
|
|
Text
502211010004_SUKARTINA_07_Akhir (1).pdf Download (23MB) |
|
|
Text
SUKARTINA - Pernyataan Karya Asli.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
|
Text
SUKARTINA - Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
Abstract
Penelitian kuasi-eksperimental ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teka-teki silang dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Teluk Pinang. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen (Kelas VIII.1) dan kelas kontrol (Kelas VIII.2), masing-masing berjumlah 25 siswa yang dipilih melalui total sampling. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan teka-teki silang dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan teka-teki silang. Pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah perlakuan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran kosakata berbasis teka-teki silang, sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran kosakata dengan metode menebak kata berdasarkan gambar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics (versi 27) dengan menerapkan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sampel independen. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pada kelas eksperimen, di mana rata-rata skor meningkat dari 37.40 (pre-test) menjadi 61.80 (post-test). Sebaliknya, kelas kontrol menunjukkan peningkatan dari 41.00 menjadi 56.60. Uji-t sampel independen menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.251, yang lebih besar dari ambang 0.05, menunjukkan bahwa perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik. Dengan demikian, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode teka-teki silang dapat digunakan sebagai strategi alternatif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, meskipun efektivitasnya setara dengan metode menebak kata berdasarkan gambar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teka-teki silang, Penguasaan kosakata |
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Yusnita |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:08 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:08 |
| URI: | http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
