Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Sekolah Dasar

Pahrianti, Mila (2025) Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-00-Awal.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-00-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-01-Bab1.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-01-Bab1.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-02-Bab2.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-02-Bab2.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-03-Bab3.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-03-Bab3.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-04-Bab4.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-05-Bab5.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-05-Bab5.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 403211010003-Mila Pahrianti-06-Akhir.pdf] Text
403211010003-Mila Pahrianti-06-Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of turnitin mila pahrianti.pdf] Text
turnitin mila pahrianti.pdf

Download (18MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu aspek yang penting dalam proses mencapai keberhasilan pembelajaran di sekolah ataupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 024 Sungai Beringin, Tembilahan. Aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat diakses di sekolah maupun di rumah. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang menarik dan mudah digunakan, serta dilengkapi materi sesuai kurikulum, kuis, video, game edukatif, dan fitur auto-exit untuk membatasi waktu penggunaan. Fitur-fitur ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, dan menanamkan nilai-nilai karakter Islami. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap yaitu, concept (konsep), design (desain), material collecting (pengumpulan material), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (distribusi). Pengujian aplikasi menggunakan standar ISO 9126 dengan aspek Functionality dan Usability, dengan hasil 100% dan 81,94%. Hasilnya menunjukkan aplikasi berjalan stabil, fitur berfungsi baik, mudah dipahami siswa, dan mendapat respon positif karena mampu meningkatkan minat, pemahaman, serta mendukung pembentukan karakter sesuai ajaran Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Android, MDLC, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:58
Last Modified: 13 Oct 2025 08:58
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item