Perancangan Multimedia Iklan Produk UMKM Jajanan 3 Sedare

Asiah Febriani, Sabrina (2025) Perancangan Multimedia Iklan Produk UMKM Jajanan 3 Sedare. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-00-Awal.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-00-Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-01-Bab1.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-01-Bab1.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-02-Bab2.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-02-Bab2.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-03-Bab3.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-03-Bab3.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-04-Bab4.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-04-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-05-Bab5.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-05-Bab5.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 403211010021-Sabrina Asiah Febriani-06-Akhir.pdf] Text
403211010021-Sabrina Asiah Febriani-06-Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Sabrina_Siap_jilid-1756121947303.pdf] Text
Skripsi_Sabrina_Siap_jilid-1756121947303.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang multimedia iklan produk UMKM Jajanan 3 Sedare dalam bentuk video promosi untuk meningkatkan daya tarik konsumen. UMKM ini menghadapi tantangan dalam pemasaran di era digital. Dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Godfrey, penelitian ini melalui tahapan analisis kebutuhan hingga pengujian yang menghasilkan dua video iklan: Video satu menampilkan proses produksi secara realistik, dan video dua mengusung gaya visual kreatif (stop motion, Motion Graphic, dan cinematic style). Hasil uji kelayakan video mencapai 80,6% (Pengujian Alfa) dan 88,75% (Pengujian Beta) dan juga Video kedua terbukti lebih menarik perhatian audiens. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan pendapatan usaha dari Rp 1.895.000 menjadi Rp 2.800.000, dengan rata-rata per-transaksi naik menjadi 64,17%. Penelitian ini menunjukkan bahwa media promosi berbasis multimedia dapat berdampak positif terhadap penjualan. Disarankan pemilik usaha untuk terus memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan untuk mendukung pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Video Iklan, Multimedia, UMKM, Godfrey, Promosi Produk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:04
Last Modified: 23 Sep 2025 02:04
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item