Analisis Pemberian Diskon Dalam Meningkatkan Minat Beli di Miss Glam Tembilahan

Rizki Fandia, Nando Awalia (2025) Analisis Pemberian Diskon Dalam Meningkatkan Minat Beli di Miss Glam Tembilahan. Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - AWAL - 01.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - AWAL - 01.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB I - 02.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB I - 02.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB II - 03.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB II - 03.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB III - 04.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB III - 04.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB IV - 05.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB IV - 05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB V - 06.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - BAB V - 06.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN  - 07.pdf] Text
NANDO AWALIA RIZKI FANDIA - 101181010079 - DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - 07.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of HASIL TURNITIN SKRIPSI NANDO ANALISIS PEMBERIAN DISKON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN.docx.pdf] Text
HASIL TURNITIN SKRIPSI NANDO ANALISIS PEMBERIAN DISKON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pemberian Diskon Dalam Meningkatkan Minat Beli di Miss Glam Tembilahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasu, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon merupakan salah satu strategi promosi paling efektif dalam menarik perhatian dan mendorong perilaku pembelian konsumen. Konsumen menunjukkan respons emosional dan rasional yang kuat ketika melihat potongan harga besar, baik dalam bentuk persentase maupun nominal. Potongan harga besar, visualisasi menarik, dan batas waktu yang terbatas mampu menciptakan rasa urgensi dan peluang langka, yang secara langsung meningkatkan aktivitas konsumen di area promosi. Konsumen tidak hanya berhenti dan memperhatikan informasi diskon, tetapi juga menunjukkan keterlibatan aktif, seperti membaca detail promo, membandingkan harga, hingga mengambil keputusan pembelian langsung. Bahkan diskon yang ditampilkan secara efektif mampu mengubah niat konsumen dari sekadar melihatlihat menjadi membeli. Selain itu, diskon menciptakan efek sosial, di mana konsumen berdiskusi dan menyarankan produk kepada orang lain, yang menunjukkan adanya pengaruh sosial dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks minat beli, diskon terbukti dapat meningkatkan ketertarikan terhadap produk, mendorong pembelian spontan, merangsang percakapan sosial mengenai rencana pembelian, dan memperluas jangkauan promosi melalui rekomendasi antarindividu. Dengan demikian, pemberian diskon bukan hanya alat pemasaran, tetapi juga menjadi faktor psikologis dan sosial yang mampu membentuk keputusan konsumen secara menyeluruh. Diskon yang dirancang secara tepat sasaran mampu menciptakan pengalaman belanja yang memuaskan sekaligus menguntungkan bagi konsumen dan pelaku usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Diskon, Meningkatkan, Minat Beli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:25
Last Modified: 03 Nov 2025 02:25
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item