Analisis Jenis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode (PCI) Pavement Condition Index (Studi Kasus : Jalan Lingkar I Dan Lingkar II Tembilahan)

Arsyad, M. (2025) Analisis Jenis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode (PCI) Pavement Condition Index (Studi Kasus : Jalan Lingkar I Dan Lingkar II Tembilahan). Diploma thesis, Universitas Islam Indragiri.

[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_01-Awal (1).pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_01-Awal (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_02-Bab1.pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_02-Bab1.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_03-Bab2.pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_03-Bab2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_04-Bab3.pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_04-Bab3.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_05-Bab4.pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_05-Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 401181010007_M.Arsyad_06-Bab5.pdf] Text
401181010007_M.Arsyad_06-Bab5.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of hasil-plagiarisme-ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI M (1).pdf] Text
hasil-plagiarisme-ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI M (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB)

Abstract

Kerusakan jalan merupakan permasalahan infrastruktur yang berdampak langsung terhadap kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Oleh karena itu, diperlukan metode evaluasi kondisi jalan yang tepat guna menentukan prioritas perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), yang merupakan metode kuantitatif untuk menilai kondisi permukaan perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan kerusakan. Metode ini diterapkan dengan melakukan survei visual terhadap sejumlah ruas jalan, mengidentifikasi jenis kerusakan, menghitung indeks kondisi perkerasan (PCI), serta mengklasifikasikan tingkat kerusakan berdasarkan standar ASTM D6433. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kerusakan jalan bervariasi, mulai dari kondisi baik hingga sangat rusak. Nilai PCI yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi pemeliharaan atau rehabilitasi jalan yang sesuai. Dengan menggunakan metode PCI, proses pengambilan keputusan dalam manajemen pemeliharaan jalan menjadi lebih objektif dan efisien. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi instansi terkait dalam meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di wilayah studi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI), pemeliharaan jalan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:01
Last Modified: 12 Nov 2025 03:01
URI: http://repository.unisi.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item